Rabu, 09 Maret 2016

Pulau Harapan dan Seribu Pulau Pesona Wisata Bahari

pulau harapan kepulauan seribu utara
Senja Pulau Harapan, saat sore hari diantara hutan mangrove dan pasir putihnya suasana senja saat yang ditunggu-tunggu wisatawan untuk menikmati pesona jingga diufuk barat wilayah Kepulauan Seribu bagian Utara.
Pulau Harapan, salah satu pulau penduduk di bagian utara Kawasan Kepulauan Seribu. Lokasinya yang strategis berada diantara pulau-pulau kecil dan pulau resort, pulau Harapan menjadi tempat singgah dan bermalam dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan fasilitas di pulau Resort.

Pulau berpenduduk 1.760 jiwa ini layak dijadikan tempat menginap bagi wisatawan. Yang jadi daya tarik justru pulau-pulau lain di sekitarnya, seperti Pulau Perak, Pulau Kayu Angin Genteng, Pulau Bulat, Pulau Macan, Pulau Putri, Pulau Genteng Kecil, dan Pulau Kelapa Dua.

Pulau Harapan dan Pulau Kelapa keduanya terhubung menjadi satu bagian pulau. Pulau Harapan menjadi pusat pemerintahan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Fasilitas cukup lengkap, memiliki kantor Kelurahan Pulau Harapan, puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap untuk ibu melahirkan, kantor urusan agama, serta taman terpadu yang berisi fasilitas bermain anak.

Terdapat 24 pulau lain yang masuk dalam wilayah administrasi Kelurahan Pulau Harapan, pulau kecil lainnya adalah pulau wisata yang beberapa dikelola oleh swasta dan pulau konservasi. Satu pulau yang berpenghuni lainnya adalah Pulau Sebira, lokasinya berada sekitar 20 km diarah utara.

Pariwisata Menjadi Harapan

dermaga perahu pulau Harapan

Pulau Harapan terbilang kecil dan cukup padat penduduk, dengan menggunakan motor anda bisa berkeliling pulau cukup dengan waktu 15 menit. Memasuki jalan-jalan kampung yang cukup bersih, tidak terlihat sampah berceceran di pinggir=pinggir jalan atau sudut kampung karena pengelolaan sampah menjadi perhatian serius masyarakat dan pemerintah Pulau Harapan dalam rangka meningkatkan potensi wilayahnya untuk wisata.

pada tahun 2011 hanya terdapat 16 penginapan di Pulau Harapan. Jumlah ini kemudian meningkat menjadi 86 penginapan pada tahun 2013 dan menjadi 119 penginapan hingga Januari 2015.

Wisatawan tidak perlu risau soal listrik, 24 jam penuh memenuhi kebutuhan penerangan dan AC di Home Stay yang masih kebanyakan dikelola oleh masyarakat setempat. Sejak tahun 2011 Pulau Harapan telah beralih dari sumber energi genset diesel ke sumber PLN di Jakarta melalui kabel bawah laut. Sebelumnya listrik hanya berfungsi mulai pukul 17.00 hingga 06.00 setiap harinya.

Untuk Air Bersih, warga hanya mengandalkan satu-satunya alat pemurnian air di pulau ini untuk memperoleh air. Alat itu beroperasi sekitar 10 jam per hari dan memproduksi 3.600 liter air bersih.

Menuju Pulau Harapan dari Jakarta

kapal cepat dari marina ancol
Kapal Cepat, berangkat setiap hari pukul 08.00 WIB dari Dermaga Marina Ancol dengan jarak tempuh 1 jam menuju Pulau Harapan dan Pulau-pulau lainnya. Penjemputan setiap hari pukul 14.00 WIB
Wisatawan yang ingin datang ke Pulau Harapan dapat menggunakan kapal atau speed boat dari Jakarta. Kapal motor kayu berangkat dari Pelabuhan Muara Angke bertarif Rp 50.000 per orang. Jika ingin menaiki kapal cepat, wisatawan bisa melalui Pantai Marina Ancol dengan tarif Rp 270.000 per penumpang.

Pulau-Pulau Kecil di Wilayah Pulau Harapan


peta wilayah pulau-pulau kecil di kawasan pulau harapan

Dibawah ini adalah 24 daftar pulau yang masuk dalam peta wilayah Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepuluan Seribu Utara.

Pulau Opak
Pulau Magaran
Pulau Bulat
Pulau Bira Kecil
Pulau Belanda
Pulau Bira Besar
Pulau Tondan Barat
Pulau Tondan Timur
Pulau Putri Timur
Pulau Sepa Barat
Pulau Sepa Timur
Pulau Harapan
Pulau Renggit
Pulau Kayu Angin
Pulau Hantu
Pulau Sebaru Besar
Pulau Penjaliran Barat
Pulau Penjaliran Timur
Pulau Jagung
Peteloran
Pulau Sebira
Pulau Dua Timur
Pulau Opak
Pulau Perak

Dari daftar tersebut masih ada beberapa nama pulau kecil lainnya yang tidak tercantum dalam peta wilayah Kelurahan Pulau Harapan, beberapa nama pulau lainnya adalah:

  1. Pulau Rosa
  2. Pulau Gosong Perak (hanya berbentuk endapan/daratan kecil)

Aktivitas Wisata Bahari di Pulau Harapan

Kebanyakan wisatawan merencanakan kegiatan wisatanya di Pulau Harapan dengan durasi 2 hari 1 malam dengan berbagai rangkaian aktivitas bahari yang menarik. Obyek Wisata yang perlu anda catat sebelum jalan ke Pulau Harapan adalah:

  • Tempat penangkaran penyu hijau di Pulau Kelapa Dua
  • Penangkaran Elang di Pulau Kotok ( Opsional )
  • Pantai pasir putih dipulau terdekat sekitarnya
  • Beberapa permainan air ( water sport ) seperti banana boat, sofa boat
  • Terumbu karang di Taman Nasional Kepulauan Seribu

Selam Permukaan di Taman Laut Seribu Pulau

snorkeling atau skin diving

Setidaknya ada tiga spot populer untuk aktivitas penyelaman di permukaan di sekitar kawasan Pulau Harapan, spot Pulau Gosong, spot Pulau Pari dan Spot Pulau Macan. Anda bisa memilih salah satu atau semua spot yang ada, masing-masing memiliki keunikannya sendiri.

Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Island Hopping di Pulau Wisata dan Konservasi

pantai perak

Island Hopping, atau terjemahan bebasnya adalah lompat pulau. Istilah ini menjadi populer di kalangan wisatawan di Pulau Harapan yang awalnya di adopsi dari strategi militer atau perang. Berpindah dari satu pulau ke pulau lain di sekitar wilayah Pulau Harapan, dengan banyaknya jumlah pulau-pulau yang ada dalam program wisata dua hari tidak akan mungkin cukup waktu untuk mengunjungi semua pulau yang ada.

Pulau-pulau kecil yang kerap dikunjungi adalah mulai dari Pulau Bira Besar, Pulau Panjang, Pulau Perak, Pulau Bulat dan Pulau Gosong (Daratan Kosong). Menyusuri sepanjang jalan di pantai hingga masuk kedalam area pepohonan lebat atau sekedar santai di tepian pantai dengan makanan ringan dan minuman dingin sekedar ingin bersantai di pantai.

Menyambut Sunrise dan Sunset

senja di pulau harapan

Dan yang tak akan pernah dilewatkan, khususnya bagi para photografer, pencinta mentari pagi dan senja adalah menyaksikan pemandangan indah berpendarnya matahari, baik saat pagi atau menjelang malam. Nama Pulau Bulat mendadak menjadi populer bagi kalangan wisatawan untuk menunggu senja sebelum akhirnya harus kembali lagi ke Pulau Harapan untuk bermalam. Sedangkan saat pagi, rata-rata cukup dari Pulau Harapan di daerah dermaga perahu sambil menunggu sarapan pagi terhidang.

Indahnya Underwater Pulau Harapan

1 komentar:

  1. Sunsetnya keren dan aktivitas snorkelingnya memuaskan dan spot banyak pilihannya

    BalasHapus