Kamis, 14 Maret 2024

Pulau Gosong, di Wilayah Pulau Harapan,Pulau seribu

Pulau Gosong
Kenapa disebut pulau Gosong?, kalo anda dari pagi hingga sore berada di pulau ini dijamin kulit pasti gosong terbakar terik matahari, jawaban kelakar tapi masuk akal.

Pulau Gosong merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Secara administratif termasuk dalam wilayah kelurahan pulau Harapan, kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu provinsi DKI, pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenduduk karena pulau tersebut hanya sebuah gundukan pasir putih hasil dari proses sedimentasi gelombang laut sehingga membentuk sebuah pulau kecil.

berjemur di pulau gosong
Pulau Gosong, pulau kecil berupa gundukan pasir putih memanjang. Tidak ada satupun yang tumbuh diatas pasir panjang ini terkecuali para wisatawan yang mampir dan berfoto ria

Ada juga yang menyebutnya dengan nama Pulau Gosong Perak, tidak salah juga karena lokasi pulau Gosong masih bisa terlihat jelas dari pulau Perak, pulau kecil lainnya di jajaran pulau Harapan yang diperuntukkan untuk keperluan wisata dan rekreasi. Dari pulau Perak, pulau Gosong nampak seperti pantulan cahaya warna putih, diantara birunya laut yang ada disekitarnya.

Cobalah sesekali bertanya kepada para Pemandu setempat, tentang kenapa pulau ini dinamakan Pulau Gosong?. Pasti akan dapat jawaban yang seragam dan kompakan antar mereka dari Pulau Harapan. "Kalo gak percaya pulau ini namanya pulau Gosong, silahkan aja di tes Broo/Kak berada di pulau ini dari pagi sampe sore. Sebelum sore Kakak pasti lebih yakin dari kami..."

Proses Terbentuknya Pulau Gosong dan Pulau-pulau Kecil

Menurut teori ilmu kebumian yang lazim saat ini, pembentukan Kepulauan Indonesia terkait dengan teori tektonik lempeng (tectonic plate), yang menjelaskan tentang pergerakan di kulit bumi sehingga memunculkan bentuk permukaan bumi yang seperti sekarang ini, semua proses ini berlangsung karena aktivitas vulkanik dan tektonis di Indonesia.

pulau gosong

Tapi lain halnya dengan proses pembentukan pulau-pulau kecil seperti yang nampak di Kepulauan Seribu, pulau Gosong bisa diambil sebagai contoh proses pembentukan pulau yang lebih sederhana dari yang lainnya. Bentukan ini berasal dari endapan pecahan kerang, koral dan binatang laut lainnya. Semakin lama semakin membesar dan akhirnya terbentuklah sebuah pulau baru.

Wilayah Administrasi Kelurahan Pulau Harapan, tidak menyebutkan pulau Gosong sebagai pulau dalam cakupan sebuah wilayah yang perlu didata, disebutnya sebagai gundukan pasir yang muncul ke permukaan dan terpengaruh dengan pasang surut. Anda tidak akan selamanya bisa menyaksikan gundukan kecil yang menyembul diantara permukaan laut, karena pada saat pasang bukit pasir kecil ini akan tenggelam tertutup lautan.

Aktivitas Wisata di Pulau Gosong

senja hari di pulau gosong

Meski sekedar gundukan pasir kecil bukan berarti tidak ada artinya, lebih-lebih untuk "itinerary" perjalanan wisata ke Pulau Harapan. Hampir semua operator wisata menyebutkan Pulau Gosong sebagai destinasi penting dan wajib dikunjungi selain jelajah pulau besar dan aktivitas snorkeling. Meski sekedar mampir hanya untuk berfoto-foto, rata-rata tidak akan lebih dari satu jam berada di pulau ini saat terik, jika dilanggar... nama anda dan nama pulau ini akan sama... gosong!

Video Pulau Gosong


Open Trip Pulau Seribu Hanya 370K/Orang

paket wisata pulau dolphin

Paket Wisata - One Day Trip Kepulauan Seribu Hanya 100K/Orang

one day trip pulau tidung kepulauan seribu wisata satu hari di pulau pari kepulauan seribu
trip satu hari di pulau harapan one day trip tour satu hari pulau pramuka

0 comments:

Posting Komentar

fun offroad bandung dan bogor