Kamis, 14 Maret 2024

Pulau Pemagaran, Menyimpan Pesona Penuh Misteri

pulau pemagaran atau pulau magaran

Pulau Pemagaran, atau juga sering di sebut singkat dengan Pulau Magaran. Jika Anda sudah berada di Pulau Harapan, dari dermaga Pulau Harapan atau dari lokasi mana saja di sisi timur Pulau Harapan, anda akan dapat langsung melihat sosok Pulau Pemagaran dengan jelas. Berdiri dengan kokohnya di wilayah Pulau Harapan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Setiap mata memandang sosok pulau ini, selalu ada keinginan untuk mengetahui dan bertanya lebih jauh tentang potensi dan ada apa yang bisa digali dari pulau ini. Anda akan dapatkan semua jawaban hanya dari masyarakat setempat berdasar pada pengalaman mereka selama tinggal di Pulau Harapan, cerita dari mulut ke mulut. Cerita dan kisah tentang aktivitas di pulau ini dari jaman Orde Baru hingga saat ini.

Dan jangan berharap menemukan informasi lebih dari internet, kosong dan sepi tersisa hanya judul tanpa isi atau menyebutkan nama pulaunya tanpa informasi lebih dalam. Pulau Pemagaran atau Magaran saat ini sudah tidak aktif lagi atau bisa dibilang sedang masa dormansi, masa istirahat yang sebelumnya pernah cukup sibuk.

Menuju Gerbang Pulau Pemagaran


Saat ini tidak ada aktivitas dan kegiatan yang berarti di Pulau Pemagaran, hanya dihuni oleh beberapa orang yang bertugas menjaga pulau private ini. Padahal duluny pernah dikenal sebagai lokasi budidaya kerang mutiara.

Menuju pintu masuknya, tidak seperti pulau-pulau lainnya yang berada langsung di pinggiran pantai. Perahu harus memasuki lorong layaknya sungai, suasana cukup hening penuh misteri karena dalam benak muncul rasa penasaran dan banyak pertanyaan yang tidak terjawab. Potensi Pulau Pemagaran yang sangat indah ini kenapa tidak difungsikan kembali untuk diusahakan dan dinikmati.

Video Sekilas Pulau Pemagaran atau Magaran

0 comments:

Posting Komentar

fun offroad bandung dan bogor